Pages

Senin, 11 Februari 2013

Tutorial MYOB

KEGUNAAN MYOB ACCOUNTING
A.    ISTILAH MYOB
Myob Accounting ( adalah aplikasi akuntansi yang populer saat ini. MYOB Accounting memfokuskan pada perusahaan jasa dan dagang disamping jenis perusahaan yang lain pun bisa juga diterapkan. Paling cocok aplikasi ini diterapkan pada perusahaan menengah kebawah, untuk perusahaan besar rasanya tidak memadai, karena biasanya perusahaan besar jumlah transaksinya sangat komplek sehingga biasanya mempunyai program yang dirancang sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.
MYOB merupakan program komputer akuntansi (accoungting software). Program ini pertama kali di buat di Australia dan kini tersebar di seluruh dunia. Myob Accounting ada dua jenis , yaitu : Versi 13 dan Versi Premier. Kita menggunakan Versi 13 karena untuk transaksi perusahaan yang menggunakan mata uang tunggal (Rupiah), kalau premier untuk transaksi perusahaan yang menggunakan lebih dari 1 mata uang.


MEMBUKA PROGRAM MYOB
Setelah klik dobel ikon MYOB,maka aknan muncul dilayar komputer sbb :



1.      MEMBUAT DATA BARU PERUSAHAAN
Untuk membuat data perusahaan baru :
a.       Klik dobel Create.
b.      Kemudian kliklah tombol Next. Kemudian ikutilah langkah-langkah untuk membuat data baru.



Keterangan:     a. Company name      : Nama Perusahhan
                                     b. Addres                   : Alamat perusahhan
                                     c. Phone number        : Nomor telepon
                                     d. Fax number            : Nomor fax
                                     e. E-mail                     : Alamat E-mai
Klik Next, sehingga tampil seperti gambar berikut :

·         Menentukan periode akuntansinya.
 

Keteranagn :    a. Current Financial year                     : Tahun pembukuan
b. Last month of financial year           : Bulan terakhir tahun pembukuan
c. Conversion month                           : Bulan dimulai pembukuan
d. Number of accontung periods        : Periode akuntansi (pilih salah satu)

c.       Klik Next lagi, maka akan tampil seperti ini :


d.      Klik Next, lalu akan tampil seperti ini :
Lalu pilih : would like to import a list of accounts provided by my accountant after I’m done creating my company file.



Pada bagian ini diperintahkan menyimpan data yang sudah dibuat, dengan cara klik CHANGE dan berilah nama FILE dan tempat menyimpannya (SAVE IN), simpan di directory D.

e.       Kemudian klik SAVE, kemudian klik Command Centre :

1 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar